PENGINSTALAN ArcGIS



ArcGIS adalah salah satu software yang dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institue) yang merupakan kompilasi fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS yang berbeda seperti GIS desktop, server, dan GIS berbasis web.

Tahap penginstalan ArcGIS 10.2 tentunya menyiapkan dulu aplikasinya yang akan di instal. Selanjutnya dimulailah pengistalan tapi perlu di ingat jika sebelumnya pernah di instal aplikasi ArcGIS maka harus di hapus semua versinya terlebih dahulu. Tahap atau langkah penginstalannya yaitu :

1. Menginstal Lisensi Manager ArcGIS 10.2 dengan cara buka file ArcGIS Lisensi Manager 10.2 kemudian pilih setup maka muncul jendela baru lalu klik next. Pilih I accept the license agreement lalu klik next→Instal, tunggu sampai selesai lalu klik finish. Setelah selesai menginstal License Manager 10.2 maka mucul jendela License server administrator 10.2 pada jendela ini Klik Ok maka muncul jendela baru lalu pilih stop kemudian klik start lagi kemudian klik ok.

2. Tahap Selanjutnya yaitu menginstal CRACK LM 10.2.exe, dengan cara klik CRACK LM 10.2 lalu akan muncul jendela baru pilih Instal kemudian tunggu beberapa detik muncul lagi jendela baru kemudian klik enter.

3. Tahap terakhir yaitu menginstal ArcGIS deskop 10.2 yaitu mengklik folder ArcGIS deskop 10.2 selanjutnya Klik setup, jika muncul tampilan dialok kemudian klik next, maka muncul jendela baru Pilih I accept the license agreement lalu klik next, pada jendela selanjutnya Pilih Complete lalu klik next⟶next⟶next, lalu pilih install.Tunggu sampai selesai lalu klik finish.

Instal yaitu memasang program (perangkat lunak) kedalam komputer. Tujuan penginstalan ArcGIS yaitu untuk melakukan pengolahan data berupa peta baik itu data spesial maupun non spesial dengan menggunakan komputer, membuat seperti digitasi, georeferencing, desain-desain peta hingga layout dan lain sebagainya.

Aplikasi dalam ArcGIS desktop yakni : ArcMap ArcMap merupakan aplikasi utama yang digunakan dalam ArcGis yang digunakan untuk mengolah (membuat (create), menampilkan (viewing), memilih (query), editing, (composing dan publishing) peta. ArcCatalog ArcCatalog adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur/mengorganisir berbagai macam data spasial yang digunakan dalam pekerjaan SIG. Fungsi ini meliputi tool untuk menjelajah (browsing), mengatur (organizing), membagi (distribution) dan menyimpan (documentation) data – data SIG. ArcToolbox terdiri dari kumpulan aplikasi yang berfungsi sebagai tools/perangkat dalam melakukan berbagai macam analisis keruangan. ArcGlobe aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan peta-peta secara 3D ke dalam bola dunia dan dapat dihubungkan langsung dengan internet. ArcScene ArcScene merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah dan menampilkan peta-peta ke dalam bentuk 3D.

Langkah kerja pada praktikum ini adalah sebagai berikut :
Instal ArcGIS Lisensi Manager 10.2

Buka file ArcGIS Lisensi Manager 10.2.







Kemudian pilih setup, akan muncul tampilan dialog lalu klik next









Pilih I accept the license agreement lalu klik next⟶Instal.Tunggu sampai selesai lalu klik finish.

















Setelah selesai menginstal License Manager 10.2 maka mucul jendela baru Klik Ok → stop → start → ok.













Instal CRACK LM 102.exe

Klik Crak LM 10.2 exe.Jika muncul tampilan di bawah ini klik instal



Jika muncul tampilan di bawah ini klik instal⟶enter







Instal ArcGIS deskop 10.2

Klik ArcGIS deskop 10.2




Klik setup, jika muncul tampilan dialok kemudian klik next






Pilih I accept the license agreement lalu klik next.



Pilih Complete lalu klik next⟶next⟶next,lalu pilih install.Tunggu sampai selesai lalu klik finish






















Terimakasih. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

loading...