Cara Menginstal MySQL

Pada tutorial ini, kita akan melakukan proses instalasi program MySQL dan basis Windows yang dirilis sekitar April 2013. Disarankan untuk mengunduh (download) atau menggunakan MySQL rilis terbaru yang telah dikeluarkan dan dinyatakan oleh MySQL sebagai versi yang stabil (atau recommended).

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multipengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial SwediaMySQL AB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.

Mengunduh (download) file rilis terbaru dapat dilakukan melalui laman resmi MySQL dengan alamat http://dev.mysql.com. Silakan Anda kunjungi situs tersebut untuk memeriksanya. Bila Anda sudah masuk ke dalam laman MySQL, pilihlah platform sistem operasi yang anda gunakan dengan mengaktifkan pilihan "Select platform" yang ada. Sistem operasi yang dapat digunakan antara lain : Microsoft Windows, Debian Linux, Suse Linux, Oracle & Red Hat Linux, Linux - generik, Sun Solaris, Max OS X, dan FreeBSD.

Pada platform MS Windows, tersedia paket instalasi MSI Installer dan ZIP Archive.

1. Windows MSI Installer (x86), 32-bit atau 64-bit

Merupakan paket instalasi langkah demi langkah untuk Windows yang sangat mudah untuk dilakukan. Direkomendasikan untuk menggunakan saja paket instalasi ini.

2. Windows ZIP Archive (x86), 32-bit atau 64-bit

Merupakan paket instalasi yang dikompresi dalam format ZIP dan harus dilakukan secara manual. Bagi mereka yang telah mahir dan memahami proses instalasinya, silakan gunakan paket instalasi ini.

Proses instalasi MySQL basis Windows cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini dan kemudian dapat segera menjalankan MySQL. Mari kita mulai:

Cari dan pilihlah file mysql-5.5.32-win32.msi dari folder dimana Anda menyimpan hasil unduh tersebut.



Jalankan file tersebut dengan mengklik ganda atau menekan tombol ENTER. Tunggu sebentar hingga tampil layar selamat datang pada proses instalasi, dan kemudian dapat dilanjutkan dengan menekan tombol Next.



Pada tampilan End-User License Agreement, centang pilihan I accept the terms in the License Agreement yang menyatakan persetujuan mengenai isi perjanjian lisensi aplikasi MySQL, dan lanjutkan dengan mengklik tombol Next.




Berikutnya berupa pilihan jenis instalasi apa yang akan digunakan. Ada 3 buah pilihan yang dapat Anda pilih yaitu, Typical, Complete dan Custom.

· Pilihan Typical merupakan pilihan yang paling mudah dan disarankan bagi sebagian besar pemakai.

· Pilihan Complete akan menginstal semua fitur yang tersedia.

· Sedangkan pilihan Custom hanya disarankan bagi mereka yang telah sangat memahami sistem MySQL.

Pada contoh ini kita akan menggunakan instalasi jenis Typical, dan lanjutkan dengan meng-klik tombol Typical.



Sekarang kondisi telah siap untuk menjalankan proses instalasi MySQL. Untuk memulai proses instalasi, klik pada tombol Install.



Tunggulah sebentar hingga proses persiapan instalasi selesai.



Berikutnya MySQL akan menampilkan informasi produk tentang MySQL Enterprise. Silakan dilanjutkan dengan menekan tombol Next.



Masih dengan tampilan informasi produk tentang MySQL Enterprise. Silakan dilanjutkan dengan menekan tombol Next.



Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Setelah itu dilanjutkan dengan proses konfigurasi MySQL (Configure the MySQL Server now) dengan menekan tombol Finish.



Tampilan berikutnya selamat datang pada proses konfigurasi MySQL. Lanjutkan dengan menekan tombol Next.



Ada dua pilihan jenis konfigurasi, Detailed Configuration dan Standard Configuration. Pada contoh ini kita memilih Standard Configuration. Klik tombol Next untuk melanjutkan.



Tampilan berikutnya, disarankan untuk mengaktifkan pilihan Install as Windows Service dan juga Launch the MySQL Server automatically . Dengan pilihan ini maka setiap komputer Anda dinyalakan, secara otomatis program MySQL server akan dijalankan. Begitupun sebaiknya aktifkan pilihan "Include Bin Directory in Windows Path".

Program-program MySQL biasanya disimpan di dalam direktori C:Program Files/MySQL/MySQL Server 5.5/Bin. Dengan mengaktifkan pilihan ini, maka Anda dapat menjalankan atau memanggil program MySQL langsung dari DOS Prompt atau Command Prompt.



Tampilan berikutnya, mengenai sistem keamanan server MySQL. Sebaiknya Anda memberikan password khusus sebagai Root, dan tidak memberikan peluang kepada orang lain untuk memasuki sistem anda tanpa password. Maka aktifkan pilihan Modify Security Setting dan masukkan password Root Anda dengan seksama.

Tetapi, matikan pilihan Create An Anonymous Account. Dengan demikian tidak sembarangan orang dapat masuk menggunakan MySQL server Anda.

Satu hal lagi, disarankan mematikan pilihan Enable Root access from remote machines. Hal ini untuk mencegah celah-celah yang bisa dimasuki oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyelinap ke dalam sistem kita. Lanjutkan dengan menekan tombol Next.



Bila Anda telah yakin untuk melanjutkan, klik tombol Execute.



Tunggulah sebentar hingga proses konigurasi selesai. Kemudian klik tombol Finish untuk keluar dari proses konfigurasi sistem MySQL.



Untuk menguji proses konfigurasi, jalankan program MySQL Server melalui menu Start > Programs > MySQL > MySQL Server 5.1 > MySQL Command Line Client.



Bila berhasil, sebuah jendela DOS/Command prompt akan tampil. Pada baris Enter password: ketikkan password yang telah Anda buat pada langkah (12) di atas.




Kita coba untuk menjalan sebuah perintah MySQL, misal select version() untuk melihat versi MySQL yang baru saja kita install:




Untuk keluar dari sistem MySQL, ketikkan perintah “q ;” atau klik pada tombol “X”



Hingga tahapan ini proses instalasi dan konfigurasi MySQL 5.5.x telah berhasil Anda lakukan

Terimakasih. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

loading...