VPN bisa jadi solusi! Bukan untuk akses konten negatif di internet, salah satu fungsi VPN adalah untuk membuka forum Reddit atau Netflix yang diblokir pemerintah maupun provider loh.

Apa Itu VPN?

Virtual Private Network alias VPN adalah jaringan yang menghubungkan berbagai jaringan di internet, secara aman dan juga anonim.

Melalui VPN, identitas traffic kamu diklaim akan terlindungi sehingga lebih aman dan terhindar dari yang namanya pemblokiran, geng.

Sebelumnya Jaka sudah pernah mengulas secara lengkap mengenai apa itu VPN beserta dengan kegunaannya, yang bisa kamu baca di sini: Apa Itu VPN dan Kumpulan Kegunaannya.
Cara Menggunakan VPN Lengkap di Berbagai Platform

Kamu tertarik untuk pakai VPN tapi nggak tahu bagaimana cara menggunakannya? Mungkin untuk mengakses media sosial yang diblokir, kan?

Tenang, di bawah ini sudah Jaka siapkan panduan lengkap tentang cara menggunakan VPN di semua perangkat, baik di Android, iPhone, maupun di laptop atau PC.

1. Cara Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

Pertama kamu bisa menggunakan VPN di Android berbekal salah satu aplikasi VPN terbaik saat ini, yakni VPN Private untuk mengakses situs yang diblokir.

Pada tutorial kali ini Jaka akan menunjukkan cara menggunakan VPN di HP Xiaomi. Namun, tentu saja cara ini juga bisa dilakukan di HP Android lainnya, geng.

Langkah 1 - Download dan Install VPN Private
Jikalau kamu belum memiliki VPN Private di HP Android kamu, bisa unduh melalui tautan di bawah ini dan langsung pasang pada perangkatmu.
Selain menggunakan VPN Private, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya, seperti pada artikel ini: Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik untuk HP Android (Update 2019).



VPN Private 1.7.1
Apps
DOWNLOAD

Langkah 2 - Mulai Hubungkan Jaringan VPN
Buka aplikasi VPN Private yang sudah terpasang dan kamu akan dimintai jaringan negara mana yang hendak untuk kamu hubungkan.

Pilih salah satu, misalnya United Kingdom lalu ketuk Connect.



Langkah 3 - Selesai dan Terhubung VPN
Tunggu beberapa saat hingga jaringan internet kamu terhubung dengan VPN. Biasanya akan muncul notifikasi yang bisa kamu lihat di bagian atas.
Kamu bisa internetan bebas tanpa batas sekarang. Jika kamu hendak memutuskan sambungan, tinggal buka VPN Private dan ketuk tombol Disconnect.





2. Cara Menggunakan VPN di iPhone

Hampir mirip seperti saat kamu melakukannya di HP Android, untuk cara menggunakan VPN di iPhone juga terbilang cukup mudah untuk kamu lakukan.

Yuk, simak ulasan selengkapnya dengan menggunakan aplikasi Turbo VPN di bawah ini, geng!
Langkah 1 - Download dan Install Turbo VPN
Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Turbo VPN yang bisa kamu dapatkan melalui App Store. Kamu pun bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.

Download Turbo VPN via App Store
Langkah 2 - Buka dan Hubungkan Jaringan VPN
Buka aplikasi Turbo VPN yang sudah terpasang dan biasanya untuk iPhone kamu membutuhkan akses Touch ID untuk terhubung VPN. Ketuk Allow dan masukkan Touch ID kamu.
Kemudian Turbo VPN akan secara otomatis mencari koneksi negara terbaik di mana kamu akan terhubung.



Langkah 3 - Selesai dan Terhubung VPN
Tunggu beberapa saat hingga kamu terhubung dengan VPN. Jika sudah, kamu bisa melihat logo bertuliskan VPN yang berada pada notification bar sebelah kiri.
Sekarang kamu sudah bisa mengakses situs yang diblokir pemerintah, seperti Netflix pada gambar di bawah ini.

3. Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop Windows

Selain untuk perangkat mobile, kamu juga bisa menggunakaan VPN di PC atau laptop Windows yang banyak digunakan di Indonesia.

Untuk langkah-langkah di bawah ini, Jaka memberikan contoh menggunakan Tunnel Bear VPN.
Langkah 1 - Download dan Install Tunnel Bear
Tunnel Bear bisa dibilang menjadi salah satu software VPN terkemuka dan sudah lintas platform.
Untuk mengunduhnya, kamu bisa langsung menuju situs resminya atau Jaka sudah siapkan pada tautan di bawah ini, geng.

Download Tunnel Bear VPN Windows di sini
Langkah 2 - Hubungkan Jaringan VPN
Lalu kamu bisa install dan tunggu proses hingga selesai. Buka software Tunnel Bear dan lakukan pendaftaran untuk pertama kali.
Untuk mengaktifkan jaringan VPN kamu tinggal geser toggle yang berada di kiri atas jendela.
Secara otomatis Tunnel Bear akan menghubungkan jaringan internet ke negara lain, sebagai contoh ke Singapura yang terdekat dengan Indonesia.


Langkah 3 - Buka Situs Diblokir
Sekarang kamu bisa mengakses berbagai situs yang dibatasi di Indonesia, sebagai contoh Reddit yang faktanya Jaka bisa akses menggunakan cara ini.




Memang agak menyusahkan sih kalau kamu harus install aplikasi terpisah untuk mengakses VPN.

Nmaun kamu sebenarnya juga bisa menggunakan VPN tanpa aplikasi sama sekali loh. Penasaran? Berikut tips dan trik dari Jaka yang bisa banget buat kamu praktikkan!
1. Cara Menggunakan VPN Tanpa Aplikasi via Opera Browser

Untuk kamu para pengguna PC atau laptop Windows, ada alternatif software browser PC selain menggunakan Google Chrome, yakni Opera Browser.

Opera sendiri memiliki fitur VPN yang terintegrasi sehingga kamu nggak perlu install software pihak ketiga lagi. Bagaimana caranya? Simak nih ulasannya.

Langkah 1 - Install Opera Browser
Jikalau kamu belum memiliki Opera Browser yang diperuntukkan untuk Windows, kamu bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.



Opera Browser 39.0.2256.48
Apps Browser Opera Software
DOWNLOAD
Langkah 2 - Pilih Menu Setelan Lanjutan
Buka Opera Browser dan kemudian masuk ke setelan lanjutan dengan klik ikon Opera yang berada di pojok kiri atas jendela dan kemudian pilih Settings.
Setelah masuk menu Settings, selanjutnya kamu bisa beralih ke opsi Advanced.


Langkah 3 - Aktifkan Opsi VPN
Pada layar bagian kanan, kamu scroll ke bawah hingga tampil menu dropdown Advancedkemudian klik untuk menampilkan pengaturan lainnya.
Cari opsi VPN dan kamu bisa langsung geser toogle untuk mulai mengaktifkan jaringan VPN.


Langkah 4 - Opsi VPN Diaktifkan
Jika opsi VPN sudah aktif, maka pada bagian kiri address bar untuk memasukkan URL akan terdapat logo VPN seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Sekarang kamu bisa mengakses situs yang diblokir maupun dibatasi oleh pemerintah, geng.


2. Cara Menggunakan VPN Bawaan di HP Android

Di HP Android, kamu juga bisa menggunakan VPN tanpa aplikasi tambahan alias membuang kuota untuk sekadar download saja.

Kamu bisa juga menggunakan VPN bawaan dari HP Android, salah satunya Xiaomi yang bakal 
 ulas di bawah ini.

Langkah 1 - Buka Situs VPNBook
Pertama kali, kamu buka browser dan kunjungi situs VPNBook (https://www.vpnbook.com/).
Pada halaman utama, kamu tinggal scroll ke bawah hingga menemukan tap PPTP, geng.


Langkah 2 - Salin Pengaturan VPN

Selanjutnya kamu tinggal salin salah satu server VPN yang kamu gunakan dan jangan lupa ingat username serta password yang digunakan.

Langkah 3 - Masukkan Pengaturan VPN
Sebagai contoh di HP Xiaomi dengan MIUI 10, kamu tinggal pergi menu Settings > Wireless & Networks > More > VPN. Namun, sebelumnya kamu wajib mengaktifkan PIN atau password untuk membukanya.
Di sini kamu tinggal ketuk opsi Add VPN pada bagian bawah dan masukkan server address VPN yang tadi telah kamu salin dari VPNBook.
Jangan lupa isi kolom nama VPN dan juga username serta password sesuai dengan yang ada pada situs VPNBook. Jika sudah lengkap, kamu tinggal ketuk ikon cek pada pojok kanan atas layar.



Langkah 4 - Aktifkan VPN
Terakhir, kamu tinggal geser toogle VPN untuk mengaktifannya lalu pilih pengaturan VPN yang telah kamu buat.
Selesai! Dan sekarang VPN kamu sudah diaktifkan dan kamu bebas menjelajah internet tanpa perlu khawatir batas, geng.


Terimakasih semoga membantu.

Peringatan: Hati-hati yang menggunakan e banking didalam hp nya.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

loading...