Cara install wordpress di local host

Mengenal WordPress adalah platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sejarah WordPress berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa. Di tahun 2004, kedua progammer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi. Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga saat ini menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Yang menarik dari WordPress adalah software yang bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

1. Ramah untuk Pemula dan Ahli

Kelebihan pertama WordPress adalah kemudahannya sehingga bisa digunakan siapa saja, dari orang yang sudah ahli programming maupun orang awam. Anda tidak perlu menjadi ahli programming dan bisa membuat website profesional menggunakan WordPress.

2. Komunitas Besar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 30 persen website di dunia dibuat menggunakan WordPress. Angka tersebut juga menjadikan WordPress sebagai pemegang market share terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia.

Para pengguna WordPress pun membuat forum diskusi untuk berbagi insight dan ilmu terbaru tentang cara membuat website dengan WordPress dan optimasinya. Forum diskusi tersebut diadakan baik secara online maupun offline. Bagi Anda yang masih awam dengan website dan WordPress, tidak perlu khawatir karena Anda bisa belajar dari forum-forum diskusi yang mengajarkan tutorial WordPress.

3. Tersedia Banyak Tutorial

Tidak hanya forum diskusi, Anda juga bisa belajar cara membuat website dengan WordPress dan mengoperasikannya dengan tutorial WordPress yang tersebar di internet. Anda bisa belajar dengan membaca artikel tutorial WordPress, video tutorial, atau video tutorial.

4. Plugin Melimpah

Selain tutorial WordPress yang melimpah, plugin WordPress juga melimpah. Anda ingin mengoptimasi SEO website? Ada plugin Yoast SEO. Ingin menambahkan profil media sosial dan tombol share media sosial? Anda bisa menggunakan One Signal dan plugin media sosial wordpress terbaik lainnya.

WordPress menyediakan ribuan plugin untuk memudahkan Anda mengelola dan menambahkan fitur untuk website Anda. Kelebihan ini jarang ditemukan di platform lain. Selain itu, banyak plugin yang menyediakan versi gratis! Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk fitur-fitur terbaik WordPress.

5. Tema Beragam

Tidak hanya tutorial WordPress dan plugin yang banyak, tema WordPress pun jumlahnya tidak kalah berlimpah. Banyak pengembang yang merilis tema WordPress baik berbayar maupun gratis. Tema-tema WordPress gratis pun tidak kalah bagusnya dari tema-tema berbayar.

siapkan untuk memasang wordpress di localhosting:

1. Xampp

2. wordpress terbaru, download disini https://wordpress.org/download/

Jika toolsnya sudah Anda siapkan, mari kita mulai instal blog wordpress di localhost, berikut selengkapnya:

1. Mulailah dengan install xampp pada windows lalu jalankan,caranya baca disini:

Cara Install xampp di windows Langsung saja kita mulai melangkah pada inti bagaimana cara memasang xampp localhost di komputer:

1. Download xampp, tidak harus terbaru, bisa download disini Xampp

2. Jalankan file installasi xampp yang sudah Anda download tadi.

3. Muncul Tampilan awal, klik Next.




4. Biarkan saja semua opsi service terpilih secara default untuk diinstal, klik Next



5. Biarkan juga folder untuk menaruh file-file xampp ada di c:\xampp, klik Next



6. Lewatkan saja opsi Learn more about Bitnami for XAMPP dengan mengosongkan centangan yang ada, selanjutnya klik Next



7. Proses installasi xampp di komputer windows sedang berjalan, tunggu beberapa saat hingga selesai.



8. Selanjutnya pastikan Opsi Do you want to start the Control Panel now? tercentang untuk langsung menjalankan XAMPP Control Panel saat installasi selesai, klik Finish.




9. Jendela XAMPP Control Panel terbuka, lihatlah beberapa service module yang tersedia. Untuk bisa menginstall blog berbasis cms (content management system) seperti wordpress, joomla dan lain sebagainya, cukup jalankan 2 (dua) servise/module saja, yaitu Apache dan MySQL, klik start untuk menjalankan servis.



10. Sampai disini Anda telah berhasil menginstall xampp di windows, untuk memastikan apakah service berjalan dengan baik, buka Web browser Anda, #google chrome misalnya lalu ketikkan di address bar “localhost” tanpa tanda kutip, lalu tekan Enter.

11. Jika Anda berhasil maka akan muncul opsi bahasa, misalnya Anda pilih English, Lalu Akan muncul halaman utama XAMPP.




Komputer Anda telah berhasil diinstall XAMPP dan sudah berfungsi sebagai server lokal.

Sekarang sudah siap utnuk Anda pasang atau install #blog secara offline.



2. Jika sudah berhasil install dan menjalankan xampp di windows, unzip/ekstrak file wordpress terbaru yang baru Anda download. Ekstrak di folder C:/xampp/htdocs

3. Hasilnya ada folder wordpress yang berisi file-file blog wordpress diC:/xampp/htdocs/wordpress

4. Rename folder wordpress menjadi nama domain blog yang Anda kehendaki, misal kolongseo.com, begini hasilnya C:/xampp/htdocs/kolongseo.com



5. Selanjutnya adalah membuat database blog, bukalah web browser kesayangan Anda, disini saya pakai google chrome, terserah Anda mau pakai apa yang penting sama fungsinya. Ketikkan “localhost/phpmyadmin” di Address bar tanpa tanda kutip.



6. Akan terlihat halaman utama PHP My Admin, klik NEW, kemudian isilah Database namesesuai yang Anda kehendaki, Pada kolom Collation rubahlah menjadi utf8_unicode_ci, lalu klik tombol Create, simpan atau ingat-ingat nama database yang telah Anda buat ini.

7. Berikutnya kita mulai menginstall wordpress di localhost, masih dengan web browser kesayangan Anda, kita akan panggil folder blog yang telah kita buat sebelumnya diC:/xampp/htdocs/Nama_Blog_Anda dengan mengetik di address bar “localhost/Nama_Blog_Anda” tanpa tanda kutip, contoh “localhost/kolongseo.com“

8. Halaman utama installasi wordpress akan muncul, klik Let’s go! untuk melanjutkan



9. Berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan Database name: isilah dengan nama database yang telah Anda buat, jika lupa lihat kembali di “localhost/phpmyadmin” User name: isi dengan “root” tanpa tanda kutip Password: kosongkan saja Database host: “localhost” tanpa tanda kutip Table Prefix: Biarkan standarJika sudah diisi dengan benar, klik Submit.




10. Berikutnya klik Run the install untuk memulai proses install wordpress di local hosting.



11. Isikan kolom Site title, username, password dan email Anda lalu klik Install WordPress.




Sukses! Selamat Anda telah berhasil install wordpress di localhost



Silakan login dengan username dan password yang telah Anda buat.




WordPress yang Anda install di localhost komputer/laptop dengan menggunakan xampp kini bisa digunakan untuk menulis dan memperbanyak artikel dan dikembangkan untuk nantinya diupload ke webhosting setelah anda rasa sudah siap launching.



Sekian dan terimakasih.

1 comment:

Popular Posts

Blog Archive

loading...