MENGATASI MySQL



Berikut penjelasan mengenai MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL adalah implementasi dari system manajemen basisdata relasional (RDBMS). MySQL dibuah oleh TcX dan telah dipercaya mengelola system dengan 40 buah database berisi 10.000 tabel dan 500 di antaranya memiliki 7 juta baris. MySQL AB merupakan perusahaan komersial Swedia yang mensponsori dan yang memiliki MySQL. Pendiri MySQL AB adalah dua orang Swedia yang bernama David Axmark, Allan Larsson dan satu orang Finlandia bernama Michael “Monty”. Setiap pengguna MySQL dapat menggunakannya secara bebas yang didistribusikan gratis dibawah lisensi GPL(General Public License) namun tidak boleh menjadikan produk turunan yang bersifat komersial.

Pada saat ini MySQL merupakan database server yang sangat terkenal di dunia, semua itu tak lain karena bahasa dasar yang digunakan untuk mengakses database yaitu SQL. SQL (Structured Query Language) pertama kali diterapkan pada sebuah proyek riset pada laboratorium riset San Jose, IBM yang bernama system R. Kemudian SQL juga dikembangan oleh Oracle, Informix dan Sybase. Dengan menggunakan SQL, proses pengaksesan database lebih user-friendly dibandingan dengan yang lain, misalnya dBase atau Clipper karena mereka masih menggunakan perintah-perintah pemrograman murni.

Saya sudah menggunakan banyak cara tapi masih ada kendala, berikut adalah solusinya..
Cara Mengatasi MySQL Tidak Running Di XAMPP
Setelah membaca dari yang diatas maka ikuti langkah dibawah ini:

1. Pertama yang harus dilakukan adalah Tekan ikon Windows di keyboard Anda atau klik Ikon Windows di taskbar.



2.Yang kedua Setelah itu, kit harus ketikkan “CMD” di keyboard Anda. Jika Command Prompt telah ditemukan, klik kanan pada Command Prompt, setelah itu selanjutnya adalah pilih dan klik Run as administrator.



3. Setelah yag diatas itu, jika Anda mendapatkan Dialog Box, kita harus mengklik Yes.

4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke Command Prompt Anda. Untuk melanjutkan, ketikkan perintah “netstat -aon”, kemudian tekan Enter. Setelah itu, koneksi yang aktif akan ditampilkan, termasuk port yang digunakan.





Untuk penjelasan dari gambar di atas, perhatikan keterangan di bawah ini.

netstat (statistik jaringan) adalah alat utilitas jaringan yang berfungsi untuk menampilkan koneksi jaringan untuk Transmission Control Protocol (keduanya masuk dan keluar), tabel routing, dan sejumlah antarmuka jaringan dan statistik protokol jaringan.

a : Menampilkan semua koneksi aktif dan port TCP dan UDP yang sedang berjalan di komputer atau laptop..

o : Digunakan agar ada kolom PID-nya.

n : Menentukan Koneksi TCP yang aktif, alamat dan nomor portnya dinyatakan secara numerik.

Anda dapat melihat port 3306 di kolom Local Address (“Gambar: No.2”) dan Anda dapat melihat Nomor PID di baris yang sama dengan PORT pada kolom PID (“Gambar: No.3”). Dari gambar di atas, PID: 3352.

5. Setelah Anda mendapatkan nomor PID dari PORT yang digunakan (“PORT: 3306”), maka langkah selanjutnya ketikkan perintah “taskkill /F /PID 3352” (“3352: Nomor PID yang Anda dapatkan dibaris yang sama dengan PORT 3306. Pastikan Anda masukkan dengan nomor PID Anda”), setelah itu tekan Enter di keyboard Anda.



Untuk penjelasan dari gambar di atas, perhatikan keterangan di bawah ini

taskkill: Untuk mematikan proses yang sedang berjalan.

/F: Untuk mematikan dengan paksa.

/PID: Mematikkan proses dengan menggunakan PID

3352: Nomor PID yang prosesnya akan dimatikan.

6. Setelah Anda menekan Enter, jika proses berhasil dimatikan, Anda akan mendapatkan keterangan Success: The process with PID 3352 has been terminated, yang artinya bahwa proses dengan PID yang telah dimasukkan, telah berhasil dimatikkan.



7. Setelah Anda berhasil mematikan proses tersebut, untuk melanjutkan silahkan Anda buka kembali XAMPP Anda dan mencoba menjalankan MySQL yang ada di XAMPP Anda. Penulis yakin, jika Anda telah mengikuti tutorial di atas, maka Anda akan mendapatkan MySQL di XAMPP running seperti pada gambar di bawah ini



8. Dan akhirnya Selesai

Di atas merupakan cara-cara atau langkah-langkah terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk mengatasi MySQL tidak running di Control Panel dari XAMPP Anda. Bagi yang belum berhasil... silahkan mencoba dengan cara yang lain

thanks..

Lihat Juga Artikel :Cara Mengatasi Mysql tidak bisa di start di xampp

1 comment:

  1. Mysql Tidak Running ~ Ilmu Perkembangan Komputer >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Mysql Tidak Running ~ Ilmu Perkembangan Komputer >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Mysql Tidak Running ~ Ilmu Perkembangan Komputer >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Popular Posts

Blog Archive

loading...